Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Panduan Menjaga Keamanan Rumahmu Selamamu Bepergian

3 min read

Ketika kamu pergi bepergian, meninggalkan rumahmu dengan aman adalah prioritas utama. Kunci pintu dan jendela tidak cukup untuk memastikan keamanan rumahmu. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menjaga keamanan rumahmu selama kamu pergi. Berikut adalah panduan yang dapat membantumu menjaga keamanan rumahmu selamamu bepergian.

Pasang Perangkat Keamanan

Pasanglah perangkat keamanan seperti alarm, kamera pengintai, atau sensor gerak di rumahmu. Perangkat-perangkat ini dapat membantumu memonitor rumahmu dari jarak jauh dan memberitahumu jika terjadi hal yang mencurigakan.

Meminta Bantuan Tetangga

Meminta bantuan tetangga yang dapat dipercaya untuk menjaga rumahmu selama kamu pergi adalah cara yang baik untuk mengurangi risiko pencurian. Tetangga dapat membantumu memantau rumahmu, mengambil suratmu, dan bahkan menghidupkan lampu secara berkala untuk memberikan kesan bahwa rumahmu tidak kosong.

Jangan Membocorkan Rencana Perjalananmu di Media Sosial

Jangan memposting rencana perjalananmu di media sosial karena hal ini dapat memberi tahu pencuri kapan rumahmu kosong. Jika kamu ingin membagikan informasi tentang perjalananmu, pastikan hanya membagikannya dengan orang-orang yang kamu percayai.

Tutup Semua Jendela dan Pintu dengan Benar

Pastikan bahwa semua jendela dan pintu ditutup dengan benar sebelum kamu pergi. Jangan hanya mengunci pintu, tapi pastikan kunci pintu dan jendela berfungsi dengan baik. Ini akan membantu mencegah pencurian dan masuknya hewan liar ke dalam rumahmu.

Jangan Biarkan Mobilmu Terparkir Selama Beberapa Hari

Jika kamu pergi untuk waktu yang lama, jangan biarkan mobilmu terparkir di tempat yang sama selama beberapa hari karena hal ini dapat memberi tahu pencuri bahwa rumahmu kosong. Cari tempat parkir yang berbeda atau minta bantuan tetangga untuk memindahkan mobilmu secara berkala.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mencari Rumah yang Berdekatan dengan Sekolah Terbaik?

Matikan Listrik dan Air

Matikan listrik dan air sebelum kamu pergi untuk mencegah kebocoran dan kerusakan. Ini juga dapat membantu menghemat biaya tagihan listrik dan airmu. Namun, pastikan bahwa freezer dan kulkas tetap berjalan dan memiliki persediaan makanan dan minuman yang cukup.

Simpan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Selalu simpan barang berharga seperti perhiasan, uang, dan dokumen penting di tempat yang aman seperti brankas atau tempat penyimpanan yang terkunci. Jangan meninggalkan barang berharga di tempat terbuka atau mudah dijangkau oleh pencuri.

Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan yang tepat seperti lampu otomatis atau sensor gerak dapat membantu mengurangi risiko pencurian dan memberikan kesan bahwa rumahmu tidak kosong. Pasang lampu di depan pintu dan di halaman belakang rumahmu agar lebih terang.

Berikan Informasi yang Diperlukan kepada Penjaga Keamanan

Jika rumahmu berada di kompleks perumahan yang dilengkapi dengan penjaga keamanan, pastikan memberikan informasi yang diperlukan kepada penjaga keamanan seperti tanggal pergi dan kembali serta nomor telepon yang dapat dihubungi jika terjadi hal yang mencurigakan.

Buat Tampilan Rumahmu Seperti Sedang Ditinggali

Buat tampilan rumahmu seperti sedang ditinggali agar memberikan kesan bahwa rumahmu tidak kosong. Misalnya, tinggalkan lampu di dalam rumahmu nyala atau letakkan sepatu di depan pintu. Ini akan membantu mengurangi risiko pencurian.

Kunci Pintu Garasi dengan Benar

Pastikan bahwa pintu garasi terkunci dengan benar sebelum kamu pergi. Pintu garasi yang terbuka dapat memberi tahu pencuri bahwa rumahmu kosong dan memberikan akses mudah ke dalam rumahmu.

Memiliki Sistem Pemantauan Online

Memiliki sistem pemantauan online seperti CCTV dapat membantumu memantau rumahmu dari jarak jauh dan memberitahumu jika terjadi hal yang mencurigakan. Pasang CCTV di tempat yang strategis seperti pintu depan dan halaman belakang rumahmu.

Install Sensor Gerak

Install sensor gerak di sekitar rumahmu. Sensor gerak dapat memberitahumu jika ada aktivitas yang mencurigakan di sekitar rumahmu. Pasang sensor gerak di tempat yang strategis seperti pintu depan dan halaman belakang rumahmu.

Gunakan Layanan Pengecekan Rumah

Jika kamu pergi untuk waktu yang lama, gunakan layanan pengecekan rumah. Layanan ini dapat membantumu memastikan bahwa rumahmu dalam keadaan aman dan tidak ada masalah seperti kebocoran air atau listrik mati.

Pasang Tali Pintu dengan Kunci

Pasang tali pintu dengan kunci di pintu depan dan belakang rumahmu. Tali pintu dapat membantu mencegah pencurian dan memberikan waktu tambahan untuk kamu memanggil bantuan jika terjadi masalah.

Baca Juga:  Menggunakan Tanaman Air untuk Menghias Rumahmu

Simpan Kunci Cadangan di Tempat yang Aman

Simpan kunci cadangan di tempat yang aman seperti brankas atau tempat penyimpanan yang terkunci. Jangan meninggalkan kunci cadangan di tempat terbuka atau mudah dijangkau oleh pencuri.

Minta Bantuan Polisi

Jika kamu khawatir tentang keamanan rumahmu selama kamu pergi, minta bantuan polisi untuk memantau rumahmu. Polisi dapat memberitahumu jika terjadi hal yang mencurigakan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga keamanan rumahmu.

Jangan Menyimpan Barang Berharga di Laci Kasur

Jangan menyimpan barang berharga seperti perhiasan, uang, dan dokumen penting di laci kasur. Laci kasur adalah tempat yang mudah dijangkau oleh pencuri dan menjadi target utama ketika rumahmu disatroni.

Pasang Tirai di Jendela

Pasang tirai di jendela untuk memberikan privasi dan mencegah pencuri melihat ke dalam rumahmu. Jangan biarkan tirai terbuka selama kamu pergi karena hal ini dapat memberi tahu pencuri bahwa rumahmu kosong.

Selalu Menjaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi seperti nomor telepon dan alamat rumahmu. Jangan memberikan informasi pribadi kepada orang yang tidak kamu percayai karena hal ini dapat membahayakan keamanan rumahmu.

Buat Rekaman Video dari Barang Berharga

Buat rekaman video dari barang berharga seperti perhiasan dan koleksi seni. Rekaman video ini dapat membantumu memastikan bahwa kamu memiliki bukti jika terjadi pencurian atau kehilangan barang berharga.

Buat Jadwal Pembersihan Rumah

Buat jadwal pembersihan rumah dan pastikan bahwa kamu membersihkan rumahmu secara teratur. Rumah yang bersih dan teratur memberikan kesan bahwa rumahmu ditinggali dan mengurangi risiko pencurian.

Ganti Kunci Secara Berkala

Ganti kunci secara berkala untuk memastikan bahwa kunci rumahmu tidak diketahui oleh orang lain. Ganti kunci setelah kamu pindah rumah atau setelah kamu kehilangan kunci rumahmu.

Jangan Meninggalkan Suratmu yang Terlihat di Luar Rumah

Jangan meninggalkan suratmu yang terlihat di luar rumah karena hal ini dapat memberitahukan pencuri bahwa rumahmu kosong. Mintalah bantuan tetangga atau petugas pos untuk mengambil suratmu jika kamu pergi untuk waktu yang lama.

Jangan Meninggalkan Barang Berharga di Mobil

Jangan meninggalkan barang berharga di mobil karena hal ini dapat menjadi sasaran pencurian. Pastikan bahwa mobilmu terkunci dengan benar dan barang berharga disimpan di tempat yang aman seperti brankas atau tempat penyimpanan yang terkunci.

Simpan Barang Berharga di Tempat yang Tidak Biasa

Simpan barang berharga di tempat yang tidak biasa seperti dalam panci atau buku. Tempat yang tidak biasa dapat membantu mencegah pencurian karena pencuri biasanya mencari barang

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *