Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Panduan Membuat Ruang Keluarga yang Ramah Anak

1 min read

Ruang keluarga adalah tempat berkumpulnya keluarga untuk beraktivitas bersama-sama. Namun, tidak semua ruang keluarga cocok untuk anak-anak. Maka dari itu, kita perlu membuat ruang keluarga yang ramah anak agar anak-anak merasa nyaman dan aman saat berada di ruang keluarga. Berikut ini adalah panduan membuat ruang keluarga yang ramah anak:

1. Pilih Furnitur yang Aman dan Nyaman

Pertimbangkan furnitur yang aman dan nyaman untuk anak-anak. Pilih furnitur yang tidak memiliki sudut tajam yang berbahaya dan tidak memiliki bagian yang mudah terbuka atau tertutup. Pastikan juga furnitur tersebut nyaman digunakan oleh anak-anak. Misalnya, sofa dengan bahan empuk dan tebal.

2. Sediakan Mainan dan Buku

Sediakan mainan dan buku untuk anak-anak agar mereka merasa senang dan tidak bosan saat berada di ruang keluarga. Mainan yang disediakan sebaiknya mudah dibersihkan dan tidak berbahaya bagi anak-anak. Sementara itu, buku yang disediakan sebaiknya beralaskan kain sehingga anak-anak bisa membacanya dengan nyaman di lantai.

3. Pertimbangkan Warna yang Lebih Cerah

Warna yang lebih cerah dapat membuat ruang keluarga menjadi lebih ceria dan menyenangkan bagi anak-anak. Pilih warna yang cerah dan lembut untuk dinding, sofa, dan aksesoris lainnya di ruang keluarga. Namun, hindari warna yang terlalu mencolok atau terlalu gelap karena dapat membuat anak-anak merasa tidak nyaman.

4. Buat Ruangan yang Terbuka dan Aman

Buat ruang keluarga yang terbuka dan aman bagi anak-anak. Hindari furnitur yang menghalangi jalan atau membuat anak-anak jatuh. Pastikan jalan keluar di ruang keluarga selalu terbuka dan mudah diakses oleh anak-anak. Selain itu, perhatikan juga keamanan dari jendela dan pintu di ruang keluarga.

Baca Juga:  Perbedaan Antara Rumah Baru dan Rumah Bekas

5. Sediakan Ruang untuk Bermain

Sediakan ruang khusus untuk bermain bagi anak-anak di ruang keluarga. Ruang bermain ini dapat berupa karpet atau matras yang dilengkapi dengan mainan atau buku. Dengan adanya ruang bermain, anak-anak dapat bermain dengan aman dan tidak mengganggu aktivitas orang dewasa di ruang keluarga.

6. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan yang baik dapat membuat ruang keluarga menjadi lebih nyaman dan aman bagi anak-anak. Pastikan ruang keluarga memiliki pencahayaan yang cukup, baik dari alami maupun buatan. Sementara itu, hindari penggunaan lampu yang terlalu terang atau terlalu redup karena dapat membuat anak-anak merasa tidak nyaman.

7. Sediakan Area untuk Makan dan Minum

Sediakan area khusus untuk makan dan minum bagi anak-anak di ruang keluarga. Area ini dapat berupa meja dan kursi yang khusus untuk anak-anak. Dengan adanya area ini, anak-anak dapat makan dan minum dengan nyaman dan tidak mengganggu aktivitas lain di ruang keluarga.

8. Jangan Lupa untuk Membersihkan Ruang Keluarga

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan ruang keluarga secara rutin. Pastikan furnitur, mainan, dan buku di ruang keluarga selalu bersih dan teratur. Dengan menjaga kebersihan ruang keluarga, anak-anak akan merasa lebih nyaman dan aman saat berada di ruang keluarga.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *