Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Mengenali Jenis-jenis Rumah yang Ada di Indonesia

1 min read

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Salah satu aspek budaya yang menarik untuk dipelajari adalah arsitektur rumah-rumah tradisional Indonesia. Rumah-rumah tradisional Indonesia memiliki ciri khas yang unik dan berbeda-beda dari daerah ke daerah. Berikut adalah beberapa jenis rumah tradisional Indonesia yang perlu Anda kenali.

Rumah Joglo

Rumah Joglo adalah rumah tradisional Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rumah ini memiliki atap limas yang besar dan didukung oleh empat tiang kayu. Biasanya, rumah Joglo memiliki tiga kamar tidur, ruang tamu, dan dapur. Selain itu, rumah Joglo juga memiliki hiasan ukiran yang sangat indah.

Rumah Limas

Rumah Limas adalah rumah tradisional suku Sunda di Jawa Barat. Rumah Limas memiliki bentuk segi empat dengan atap yang berbentuk limas. Rumah Limas juga memiliki ruang tamu yang besar dan dinding-dinding yang terbuat dari bambu. Selain itu, rumah Limas juga memiliki hiasan ukiran yang indah di atas pintu dan jendela.

Rumah Gadang

Rumah Gadang adalah rumah tradisional suku Minangkabau di Sumatera Barat. Rumah Gadang memiliki bentuk yang unik, yaitu atap yang berbentuk seperti tanduk kerbau. Rumah Gadang juga memiliki ruangan yang banyak, seperti ruang tamu, kamar tidur, dan dapur. Selain itu, rumah Gadang juga memiliki hiasan ukiran yang sangat indah.

Rumah Tongkonan

Rumah Tongkonan adalah rumah tradisional suku Toraja di Sulawesi Selatan. Rumah Tongkonan memiliki bentuk yang unik, yaitu atap yang berbentuk seperti perahu terbalik. Rumah Tongkonan juga memiliki ruangan yang banyak, seperti ruang tamu, kamar tidur, dan dapur. Selain itu, rumah Tongkonan juga memiliki hiasan ukiran yang sangat indah.

Baca Juga:  Cara Menata Ruangan Rumah yang Kecil agar Terlihat Luas

Rumah Lontiok

Rumah Lontiok adalah rumah tradisional suku Batak di Sumatera Utara. Rumah Lontiok memiliki bentuk yang unik, yaitu atap yang berbentuk seperti perahu. Rumah Lontiok juga memiliki ruang tamu yang besar dan dapur yang terpisah. Selain itu, rumah Lontiok juga memiliki hiasan ukiran yang indah di atas pintu dan jendela.

Rumah Panggung

Rumah Panggung adalah rumah tradisional yang banyak ditemukan di daerah-daerah pedalaman Kalimantan dan Sulawesi. Rumah Panggung memiliki bentuk yang unik, yaitu terbuat dari kayu dan didirikan di atas tiang-tiang kayu. Rumah Panggung juga memiliki tangga kayu yang digunakan untuk masuk ke dalam rumah. Biasanya, rumah Panggung memiliki ruang tamu, kamar tidur, dan dapur.

Rumah Bubungan Tinggi

Rumah Bubungan Tinggi adalah rumah tradisional suku Banjar di Kalimantan Selatan. Rumah Bubungan Tinggi memiliki bentuk yang unik, yaitu atap yang sangat tinggi dan berbentuk seperti huruf A. Biasanya, rumah Bubungan Tinggi memiliki dua lantai dan ruang tamu yang besar. Selain itu, rumah Bubungan Tinggi juga memiliki hiasan ukiran yang indah di atas pintu dan jendela.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis rumah tradisional Indonesia yang perlu Anda kenali. Setiap jenis rumah tradisional Indonesia memiliki ciri khas yang unik dan berbeda-beda dari daerah ke daerah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang arsitektur rumah-rumah tradisional Indonesia.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *