Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Kiat Memilih Furnitur yang Cocok dengan Konsep Rumahmu

1 min read

Membeli furnitur untuk rumah baru bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, dengan banyaknya pilihan furnitur yang tersedia, bisa jadi membingungkan untuk memilih yang tepat. Salah memilih furnitur dapat membuat ruangan terlihat tidak seimbang dan tidak nyaman. Untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa kiat memilih furnitur yang cocok dengan konsep rumahmu.

Pertimbangkan Ukuran Ruangan

Sebelum memilih furnitur, pertimbangkan ukuran ruangan terlebih dahulu. Pastikan furnitur yang akan Anda beli tidak terlalu besar atau kecil untuk ruangan tersebut. Jangan sampai furnitur mengambil terlalu banyak ruang sehingga tidak ada lagi ruang kosong untuk bergerak. Namun, jangan juga memilih furnitur yang terlalu kecil sehingga terlihat tidak proporsional dengan ukuran ruangan.

Pilih Furnitur dengan Warna yang Sesuai

Warna furnitur juga perlu dipertimbangkan, terutama jika Anda ingin menciptakan suasana yang harmonis. Jika dinding rumah Anda berwarna putih, maka furnitur dengan warna yang cerah seperti kuning atau biru pasti akan terlihat menonjol. Namun, jika Anda ingin suasana yang lebih tenang, maka pilihlah furnitur dengan warna netral seperti coklat atau abu-abu.

Perhatikan Fungsi dan Kepraktisan Furnitur

Fungsi dan kepraktisan furnitur juga perlu diperhatikan. Misalnya, jika Anda memiliki anak kecil, pilihlah sofa atau kursi dengan bahan yang mudah dibersihkan. Jika Anda membutuhkan banyak ruang penyimpanan, maka pilihlah furnitur yang memiliki laci atau rak tambahan.

Baca Juga:  7 Jenis Jendela yang Cocok untuk Rumahmu

Pilih Furnitur yang Cocok dengan Gaya Dekorasi

Pilihlah furnitur yang cocok dengan gaya dekorasi rumah Anda. Jika rumah Anda memiliki konsep minimalis, maka pilihlah furnitur yang simpel dan tidak terlalu banyak detail. Namun, jika rumah Anda memiliki konsep klasik, maka pilihlah furnitur dengan detail yang indah dan elegan.

Perhatikan Bahan Furnitur

Bahan furnitur juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah bahan yang berkualitas dan tahan lama, terutama jika Anda ingin furnitur tersebut bertahan lama. Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, pilihlah bahan yang lebih murah seperti kayu atau kain.

Perhatikan Kualitas Furnitur

Kualitas furnitur sangat penting. Pastikan furnitur yang Anda beli dibuat dengan bahan yang berkualitas dan memiliki konstruksi yang kokoh. Jangan memilih furnitur hanya berdasarkan tampilannya saja. Cobalah duduk atau tidur di atas furnitur tersebut untuk memastikan kenyamanannya.

Perhatikan Harga Furnitur

Harga furnitur juga perlu diperhatikan. Sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan tergiur dengan harga murah jika kualitas dan kepraktisan furnitur tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan Warna Cat pada Dinding

Warna cat pada dinding juga perlu dipertimbangkan saat memilih furnitur. Jika dinding rumah Anda sudah diwarnai, pastikan furnitur yang Anda beli cocok dengan warna cat tersebut. Hindari memilih furnitur dengan warna yang terlalu kontras dengan warna cat pada dinding.

Pertimbangkan Jumlah Orang yang Tinggal di Rumah

Jumlah orang yang tinggal di rumah juga perlu dipertimbangkan. Jika Anda tinggal sendiri atau hanya berdua dengan pasangan, maka pilihlah furnitur yang lebih kecil seperti sofa dua dudukan. Namun, jika Anda tinggal bersama keluarga besar, pilihlah furnitur yang lebih besar seperti sofa tiga atau empat dudukan.

Baca Juga:  5 Langkah Memilih Furniture yang Tepat untuk Rumah Impianmu

Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Pencahayaan ruangan juga perlu diperhatikan saat memilih furnitur. Jika ruangan Anda cenderung gelap, pilihlah furnitur dengan warna yang lebih cerah untuk memberikan kesan yang lebih terang. Namun, jika ruangan Anda cenderung terang, pilihlah furnitur dengan warna netral untuk memberikan kesan yang lebih tenang.

Pilih Furnitur yang Mudah Dipindahkan

Terakhir, pilihlah furnitur yang mudah dipindahkan. Ini akan sangat membantu jika Anda sering melakukan perubahan tata letak rumah. Pilihlah furnitur yang ringan dan tidak terlalu besar sehingga mudah dipindahkan.

Dengan memperhatikan kiat-kiat di atas, Anda dapat memilih furnitur yang sesuai dengan konsep rumahmu dan membuat ruangan terlihat seimbang dan nyaman. Selamat berbelanja furnitur!

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *