Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Ide untuk Membuat Rumah Impian dengan Anggaran Terbatas

2 min read

Membangun rumah impian bisa jadi impian setiap orang. Namun, membangun rumah impian dengan anggaran terbatas bisa menjadi tantangan tersendiri. Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk membeli rumah yang sudah jadi karena terbebani dengan biaya pembangunan rumah. Padahal, membangun rumah impian dengan anggaran terbatas tetap bisa dilakukan jika kita pintar memilih material dan desain yang tepat.

1. Pilih material yang murah namun berkualitas

Material bangunan menjadi faktor utama dalam membangun rumah impian. Namun, material berkualitas tidak selalu berarti mahal. Ada beberapa material yang murah namun berkualitas. Misalnya, batako atau batu bata yang harganya lebih murah dibandingkan dengan bata merah. Selain itu, pilih juga keramik atau lantai vinyl yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

2. Gunakan desain yang simpel namun elegan

Desain rumah impian tidak harus selalu ribet dan kompleks. Dengan desain yang simpel namun elegan, rumah impian bisa tercipta dengan anggaran terbatas. Misalnya, pilih warna cat yang netral dan furniture yang simpel namun elegan. Selain itu, pilih juga pintu dan jendela yang memiliki desain yang simpel namun tetap menarik.

3. Buat taman minimalis

Taman bisa menjadi nilai tambah bagi rumah impian. Namun, membuat taman dengan luas yang besar tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, buatlah taman minimalis dengan tanaman yang mudah dirawat seperti pot bunga atau tanaman hias dalam pot. Selain itu, pilih juga paving block atau batu alam untuk area taman agar terlihat lebih elegan.

Baca Juga:  Bagaimana Membangun Rumah dengan Anggaran Terbatas

4. Gunakan furnitur second hand

Furniture merupakan bagian penting dari rumah impian. Namun, membeli furniture baru tentu akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, gunakan furniture second hand atau bekas yang masih dalam kondisi baik. Cari furniture bekas yang memiliki desain yang sesuai dengan keinginan Anda agar tetap terlihat elegan dan nyaman digunakan.

5. Pilih kontraktor yang terpercaya

Membangun rumah impian dengan anggaran terbatas membutuhkan kerja sama yang baik antara pemilik rumah dan kontraktor. Oleh karena itu, pilihlah kontraktor yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam membangun rumah dengan anggaran terbatas. Mintalah referensi dari teman atau keluarga agar mendapatkan kontraktor yang terpercaya dan memiliki harga yang wajar.

6. Gunakan material bekas

Membangun rumah impian dengan anggaran terbatas bisa dilakukan dengan menggunakan material bekas. Misalnya, menggunakan kayu bekas untuk membuat furniture atau menggunakan kaca bekas untuk membuat partisi ruangan. Selain bisa menghemat biaya, penggunaan material bekas juga bisa menjadi nilai tambah bagi rumah impian.

7. Pertimbangkan ukuran rumah yang sesuai

Ukuran rumah juga merupakan faktor penting dalam membangun rumah impian. Namun, ukuran rumah yang terlalu besar tentu akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Pertimbangkan ukuran rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika hanya untuk tinggal sendiri atau berdua, pilih ukuran rumah yang lebih kecil namun tetap nyaman dan fungsional.

8. Buat ruangan multifungsi

Ruangan multifungsi bisa menjadi solusi untuk memaksimalkan penggunaan ruang dalam rumah impian. Sebagai contoh, ruang keluarga yang bisa digunakan sebagai ruang tamu saat ada tamu atau digunakan sebagai ruang kerja saat sedang bekerja di rumah. Dengan membuat ruangan multifungsi, Anda bisa menghemat biaya dan juga memaksimalkan penggunaan ruang dalam rumah impian.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Rumah Impianmu dengan Harga Terjangkau

9. Pilih lampu yang tepat

Lampu bisa memberikan efek yang berbeda pada rumah impian. Pilihlah lampu yang tepat untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan di dalam rumah impian. Misalnya, pilih lampu dengan warna yang netral dan cahaya yang lembut untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman di dalam rumah impian.

10. Buat jendela besar

Jendela besar bisa memberikan efek yang berbeda pada rumah impian. Dengan membuat jendela besar, cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah impian sehingga terlihat lebih cerah dan nyaman. Selain itu, jendela besar juga bisa memberikan pemandangan yang indah dari luar rumah impian.

Demikianlah ide untuk membuat rumah impian dengan anggaran terbatas. Dengan memilih material yang murah namun berkualitas, membuat desain yang simpel namun elegan, membuat taman minimalis, menggunakan furniture second hand, memilih kontraktor yang terpercaya, menggunakan material bekas, mempertimbangkan ukuran rumah yang sesuai, membuat ruangan multifungsi, memilih lampu yang tepat, dan membuat jendela besar, rumah impian dengan anggaran terbatas bisa terwujud. Selamat mencoba!

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *