Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Ide Desain Ruang Keluarga dengan Gaya Scandinavian

2 min read

Jika Anda ingin menciptakan suasana yang tenang dan minimalis di ruang keluarga, gaya Scandinavian adalah pilihan yang tepat. Gaya ini berasal dari negara-negara Nordik seperti Swedia, Norwegia, dan Finlandia. Gaya Scandinavian dikenal dengan desain yang minimalis, simpel, dan fungsional. Di artikel ini, kami akan memberikan ide-ide desain ruang keluarga dengan gaya Scandinavian yang dapat Anda terapkan di rumah Anda.

Pilih Warna Netral

Warna netral seperti putih, abu-abu, dan beige adalah warna yang sering digunakan dalam desain interior gaya Scandinavian. Warna-warna tersebut memberikan kesan bersih, tenang, dan elegan. Anda dapat menggunakan warna netral sebagai warna dominan di ruang keluarga Anda dan menambahkan sedikit aksen warna seperti biru atau hijau untuk memberikan kesan yang segar.

Gunakan Material Alami

Material alami seperti kayu dan batu sering digunakan dalam desain interior gaya Scandinavian. Material alami memberikan kesan hangat, alami, dan organik pada ruang keluarga Anda. Anda dapat menggunakan kayu sebagai bahan untuk lantai, meja, atau rak buku. Anda juga dapat menggunakan batu sebagai aksen pada dinding atau lantai.

Pilih Furniture yang Fungsional

Gaya Scandinavian dikenal dengan furniture yang fungsional dan minimalis. Pilihlah furniture yang memiliki fungsi ganda seperti sofa yang dapat diubah menjadi tempat tidur atau meja yang dapat dilipat. Furniture yang fungsional akan memaksimalkan penggunaan ruang keluarga Anda dan memberikan kesan simpel dan minimalis.

Baca Juga:  5 Inspirasi Desain Kamar Tidur di Rumah Minimalis

Tambahkan Tekstur yang Berbeda

Anda dapat menambahkan tekstur yang berbeda pada ruang keluarga Anda untuk memberikan kesan yang lebih menarik. Misalnya, Anda dapat menggunakan karpet berbulu untuk memberikan kesan hangat dan empuk pada lantai. Anda juga dapat menambahkan bantal atau selimut dengan tekstur yang berbeda untuk memberikan kesan yang lebih beragam.

Tambahkan Tanaman Kecil

Tanaman kecil seperti kaktus atau pohon kecil dapat menambahkan kesan segar dan alami pada ruang keluarga Anda. Tanaman kecil juga dapat memberikan kesan yang lebih hidup pada ruangan yang sering digunakan untuk bersantai dan beristirahat. Anda dapat menempatkan tanaman kecil pada rak buku atau di sudut ruangan.

Tambahkan Aksen Berbentuk Geometris

Aksen berbentuk geometris seperti pola segitiga atau lingkaran sering digunakan dalam desain interior gaya Scandinavian. Aksen ini memberikan kesan yang lebih modern dan kontemporer pada ruang keluarga Anda. Anda dapat menambahkan aksen berbentuk geometris pada bantal atau karpet.

Gunakan Lampu yang Hangat

Lampu yang hangat seperti lampu gantung atau lampu meja dapat memberikan kesan yang lebih hangat dan intim pada ruang keluarga Anda. Lampu yang hangat juga dapat membantu menciptakan suasana yang lebih tenang dan santai. Pilihlah lampu yang memiliki desain yang simpel dan minimalis.

Gunakan Jendela yang Besar

Jendela yang besar dapat membantu memaksimalkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruang keluarga Anda. Cahaya alami memberikan kesan yang lebih terang dan segar pada ruangan. Jendela yang besar juga dapat memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan yang sebenarnya tidak terlalu besar.

Tambahkan Seni pada Dinding

Anda dapat menambahkan seni pada dinding untuk memberikan kesan yang lebih personal pada ruang keluarga Anda. Pilihlah seni yang memiliki desain yang simpel dan minimalis seperti poster atau lukisan abstrak. Seni juga dapat memberikan kesan yang lebih hidup pada ruangan yang sebenarnya terlihat membosankan.

Baca Juga:  Tips Memilih Warna Cat yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Gunakan Bahan yang Ramah Lingkungan

Bahan yang ramah lingkungan seperti kertas daur ulang atau kain organik sering digunakan dalam desain interior gaya Scandinavian. Bahan-bahan tersebut memiliki pengaruh yang minim pada lingkungan dan memberikan kesan yang lebih alami pada ruang keluarga Anda. Anda dapat menggunakan kain organik untuk bantal atau karpet dan kertas daur ulang untuk wallpaper.

Tambahkan Cermin pada Dinding

Cermin dapat membantu memperluas ruangan dan memberikan kesan yang lebih terang pada ruangan. Anda dapat menambahkan cermin pada dinding untuk memberikan kesan yang lebih luas pada ruang keluarga Anda. Pilihlah cermin yang memiliki desain yang simpel dan minimalis.

Berikan Sentuhan Personal

Anda dapat memberikan sentuhan personal pada ruang keluarga Anda dengan menambahkan benda-benda yang memiliki nilai sentimental seperti foto keluarga atau benda-benda warisan. Sentuhan personal akan membuat ruang keluarga Anda terlihat lebih hidup dan personal.

Kombinasikan dengan Gaya Lain

Anda dapat mengkombinasikan gaya Scandinavian dengan gaya lain seperti gaya vintage atau gaya bohemian untuk memberikan kesan yang lebih unik pada ruang keluarga Anda. Kombinasi gaya dapat memberikan kesan yang lebih personal dan memperlihatkan karakter Anda.

Dengan mengikuti ide-ide desain ruang keluarga dengan gaya Scandinavian di atas, Anda dapat menciptakan ruang keluarga yang minimalis, simpel, dan fungsional. Selain itu, Anda juga dapat memperlihatkan karakter Anda melalui sentuhan personal dan kombinasi gaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menciptakan suasana yang tenang dan minimalis di ruang keluarga.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *