Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Mudah Menata Rumah yang Kecil agar Terlihat Luas

3 min read

Memiliki rumah yang kecil memang bisa menjadi tantangan tersendiri dalam menata furnitur dan barang-barang di dalamnya. Namun, dengan sedikit trik dan cara yang tepat, rumah yang kecil pun bisa terlihat lebih luas dan nyaman untuk ditinggali. Berikut adalah beberapa langkah mudah dalam menata rumah yang kecil agar terlihat lebih luas dan nyaman:

Pilih Furnitur yang Tepat

Langkah pertama dalam menata rumah yang kecil adalah dengan memilih furnitur yang tepat. Pilihlah furnitur yang tidak terlalu besar dan sesuai dengan ukuran ruangan. Gunakan furnitur multifungsi seperti tempat tidur yang bisa digunakan sebagai penyimpanan tambahan atau rak buku yang bisa digunakan sebagai partisi ruangan. Dengan memilih furnitur yang tepat, ruangan akan terlihat lebih luas dan tidak terkesan penuh sesak.

Pilih Warna Cat yang Cerah

Warna cat yang cerah seperti putih, kuning, atau biru muda bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan terang. Hindari menggunakan warna yang terlalu gelap karena dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit dan suram. Selain itu, pilihlah cat dengan tipe yang glossy atau mengkilap untuk memberikan efek refleksi cahaya yang akan membuat ruangan terlihat lebih cerah dan luas.

Buat Ilusi dengan Cermin

Cermin bisa menjadi trik yang efektif dalam membuat ruangan terlihat lebih luas. Pasang cermin besar di dinding dan biarkan cahaya memantul pada permukaannya. Hal ini akan memberikan ilusi ruangan yang lebih besar dan terang. Selain itu, cermin juga bisa digunakan untuk memantulkan pemandangan luar ruangan yang akan memberikan kesan luas dan segar pada ruangan dalam.

Pilih Jenis Lampu yang Tepat

Pilih jenis lampu yang tepat untuk membuat ruangan terlihat lebih luas. Gunakan lampu dengan cahaya yang terang dan merata. Hindari menggunakan lampu yang terlalu redup atau terlalu terang karena dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit. Selain itu, gunakan lampu dengan warna yang hangat seperti kuning atau oranye untuk memberikan kesan yang lebih nyaman dan hangat pada ruangan.

Buang Barang yang Tidak Dibutuhkan

Buang barang-barang yang tidak dibutuhkan atau sudah rusak untuk membuat ruangan terlihat lebih rapi dan luas. Hindari menumpuk barang yang tidak terpakai di dalam ruangan karena dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh dan sesak. Dengan membiasakan diri untuk membuang barang yang tidak diperlukan, ruangan akan terlihat lebih rapi dan nyaman untuk ditinggali.

Baca Juga:  Cara Membuat Tampilan Ruang Keluarga Rumahmu Lebih Segar

Buat Tampilan yang Simetris

Buat tampilan yang simetris di dalam ruangan untuk memberikan kesan yang lebih rapi dan teratur. Gunakan rak atau meja yang simetris dan letakkan barang-barang dengan rapi. Hindari meletakkan barang-barang dengan sembarangan karena dapat membuat ruangan terlihat lebih berantakan. Dengan membuat tampilan yang simetris, ruangan akan terlihat lebih luas dan rapi.

Gunakan Karpet yang Tepat

Gunakan karpet yang tepat untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan nyaman. Pilih karpet yang tidak terlalu besar dan sesuai dengan ukuran ruangan. Hindari menggunakan karpet yang terlalu banyak corak atau warna karena dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh dan ramai. Selain itu, gunakan karpet dengan warna yang cerah dan hangat untuk memberikan kesan yang lebih nyaman pada ruangan.

Gunakan Furnitur yang Transparan

Gunakan furnitur yang transparan seperti meja kaca atau kursi dengan kaki yang transparan untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terang. Furnitur yang transparan akan memberikan efek visual yang unik dan membuat ruangan terlihat lebih modern dan stylish. Selain itu, furnitur yang transparan juga bisa mengurangi kesan visual penuh dan sesak pada ruangan.

Buat Tampilan yang Minimalis

Buat tampilan yang minimalis di dalam ruangan untuk memberikan kesan yang lebih modern dan rapi. Hindari menggunakan terlalu banyak barang atau dekorasi pada ruangan karena dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh dan sesak. Dengan membuat tampilan yang minimalis, ruangan akan terlihat lebih luas dan nyaman untuk ditinggali.

Jangan Menumpuk Barang di Lantai

Jangan menumpuk barang di lantai karena dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh dan berantakan. Gunakan lemari atau rak tambahan untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai. Dengan tidak menumpuk barang di lantai, ruangan akan terlihat lebih rapi dan luas.

Pilih Pintu yang Tepat

Pilih pintu yang tepat untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan nyaman. Gunakan pintu yang tidak terlalu besar dan sesuai dengan ukuran ruangan. Hindari menggunakan pintu yang terlalu tebal atau berat karena dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit. Selain itu, pilihlah pintu dengan warna yang cerah dan hangat untuk memberikan kesan yang lebih nyaman pada ruangan.

Buat Partisi yang Tepat

Buat partisi yang tepat di dalam ruangan untuk memberikan kesan yang lebih teratur dan rapi. Gunakan partisi yang tidak terlalu besar dan sesuai dengan ukuran ruangan. Hindari menggunakan partisi yang terlalu banyak corak atau warna karena dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh dan ramai. Dengan membuat partisi yang tepat, ruangan akan terlihat lebih luas dan rapi.

Baca Juga:  5 Keuntungan Membeli Rumah Daripada Menyewa

Perhatikan Pencahayaan Alami

Perhatikan pencahayaan alami di dalam ruangan untuk memberikan kesan yang lebih terang dan nyaman. Hindari menutup jendela dengan barang-barang atau dekorasi yang terlalu banyak. Biarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan untuk memberikan kesan yang lebih cerah dan luas. Selain itu, gunakan tirai atau gorden yang cerah dan transparan untuk memaksimalkan pencahayaan alami di dalam ruangan.

Gunakan Rak Dinding

Gunakan rak dinding untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai atau dekorasi yang ingin dipajang. Hindari menempelkan terlalu banyak barang pada rak dinding karena dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh dan sesak. Dengan menggunakan rak dinding, ruangan akan terlihat lebih rapi dan luas.

Buat Tampilan yang Asimetris

Buat tampilan yang asimetris di dalam ruangan untuk memberikan kesan yang lebih modern dan unik. Hindari membuat tampilan yang terlalu simetris dan monoton karena dapat membuat ruangan terlihat membosankan. Dengan membuat tampilan yang asimetris, ruangan akan terlihat lebih dinamis dan menarik.

Pilih Furnitur dengan Kaki yang Tinggi

Pilih furnitur dengan kaki yang tinggi untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terang. Furnitur dengan kaki yang tinggi akan memberikan efek visual yang unik dan membuat ruangan terlihat lebih modern dan stylish. Selain itu, furnitur dengan kaki yang tinggi juga bisa mengurangi kesan visual penuh dan sesak pada ruangan.

Gunakan Rak untuk Menyimpan Barang-barang

Gunakan rak untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai atau dekorasi yang ingin dipajang. Hindari menumpuk barang di atas meja atau kursi karena dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh dan sesak. Dengan menggunakan rak, ruangan akan terlihat lebih rapi dan luas.

Buat Tampilan yang Kontras

Buat tampilan yang kontras di dalam ruangan untuk memberikan kesan yang lebih berani dan menarik. Gunakan warna yang berbeda pada dinding atau furnitur untuk memberikan efek visual yang unik. Hindari menggunakan terlalu banyak warna atau corak yang terlalu ramai karena dapat membuat ruangan terlihat lebih penuh dan berantakan. Dengan membuat tampilan yang kontras, ruangan akan terlihat lebih dinamis dan menarik.

Buat Tampilan yang Berbeda di Setiap Ruangan

Buat tampilan yang berbeda di setiap ruangan untuk memberikan kesan yang lebih personal dan unik. Gunakan tema atau warna yang berbeda di setiap ruangan untuk memberikan variasi yang menarik. Hindari membuat tampilan yang terlalu berbeda dari tema atau warna yang sudah ada di ruangan lain karena dapat membuat ruangan terlihat tidak seimbang. Dengan membuat tampilan yang berbeda di setiap

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *