Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Mudah Membersihkan Kotoran di Dapur Rumahmu

2 min read

Dapur adalah salah satu ruangan di rumah yang sering digunakan untuk memasak dan menyimpan makanan. Namun, karena aktivitas tersebut, dapur menjadi tempat yang mudah kotor. Kotoran di dapur dapat menyebabkan bau tidak sedap dan menyebabkan munculnya serangga seperti kecoa dan semut.

Membersihkan Mesin Pemanggang Roti

Mesin pemanggang roti adalah salah satu peralatan dapur yang sering digunakan. Namun, jika tidak membersihkan mesin pemanggang roti secara teratur, kotoran dapat menumpuk dan menyebabkan mesin tidak berfungsi dengan baik. Untuk membersihkan mesin pemanggang roti, pertama-tama pisahkan bagian mesin yang dapat dicuci dan bersihkan dengan sabun dan air. Setelah itu, lap bagian mesin yang tidak dapat dicuci dengan kain basah.

Membersihkan Kompor dan Oven

Kompor dan oven adalah peralatan dapur yang sering digunakan untuk memasak. Namun, kotoran seperti minyak dan sisa makanan dapat menempel pada permukaan kompor dan oven. Untuk membersihkannya, pertama-tama matikan kompor dan oven, lalu biarkan dingin. Setelah itu, bersihkan permukaan kompor dan oven dengan sabun dan air. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam oven menggunakan sikat dan sabun khusus untuk oven.

Membersihkan Kulkas

Kulkas adalah salah satu peralatan dapur yang sangat penting untuk menyimpan makanan dan minuman. Namun, jika tidak membersihkan kulkas secara teratur, kotoran dapat menumpuk dan menyebabkan munculnya bau tidak sedap. Untuk membersihkan kulkas, pertama-tama keluarkan semua makanan dan minuman dari dalam kulkas. Setelah itu, bersihkan permukaan kulkas dengan sabun dan air. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam kulkas dan rak-rak dengan lap basah.

Baca Juga:  5 Cara Memperindah Tampilan Fasad Rumahmu

Membersihkan Sink

Sink adalah salah satu perlengkapan dapur yang sering digunakan untuk mencuci piring dan alat makan. Namun, jika tidak membersihkan sink secara teratur, kotoran seperti sisa makanan dan minyak dapat menumpuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk membersihkan sink, pertama-tama keluarkan semua piring dan alat makan dari dalam sink. Setelah itu, bersihkan permukaan sink dengan sabun dan air. Jangan lupa untuk membersihkan saluran air dengan sikat khusus.

Membersihkan Lantai Dapur

Lantai dapur adalah area yang sering terkena kotoran seperti minyak dan sisa makanan. Untuk membersihkan lantai dapur, pertama-tama sapu lantai dengan sapu bersih. Setelah itu, bersihkan dengan sabun dan air menggunakan kain lap. Jangan lupa untuk membersihkan sudut-sudut lantai dengan sikat kecil.

Membersihkan Laci Dapur

Laci dapur adalah tempat penyimpanan berbagai bahan makanan dan peralatan dapur. Namun, jika tidak membersihkan laci dapur secara teratur, kotoran seperti serpihan makanan dan debu dapat menumpuk dan menyebabkan munculnya serangga seperti kecoa dan semut. Untuk membersihkan laci dapur, pertama-tama keluarkan semua bahan makanan dan peralatan dapur dari dalam laci. Setelah itu, bersihkan permukaan laci dengan sabun dan air. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam laci dengan lap basah.

Membersihkan Area Memasak

Area memasak adalah area di dapur yang sering terkena kotoran seperti minyak dan sisa makanan. Untuk membersihkan area memasak, pertama-tama matikan kompor dan biarkan dingin. Setelah itu, bersihkan permukaan area memasak dengan sabun dan air. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam kompor dan kipas angin dengan sikat kecil.

Membersihkan Alat Makan

Alat makan seperti sendok, garpu, dan pisau adalah alat yang sering digunakan di dapur. Namun, jika tidak membersihkan alat makan secara teratur, sisa makanan dapat menempel dan menyebabkan munculnya serangga seperti kecoa dan semut. Untuk membersihkan alat makan, pertama-tama bilas dengan air bersih. Setelah itu, bersihkan dengan sabun dan air. Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian kecil seperti pegangan dan sambungan dengan sikat kecil.

Baca Juga:  Daftar Perlengkapan Rumah yang Harus Dimiliki

Membersihkan Peralatan Masak

Peralatan masak seperti panci, wajan, dan penggorengan adalah alat yang sering digunakan di dapur. Namun, jika tidak membersihkan peralatan masak secara teratur, sisa makanan dapat menempel dan menyebabkan munculnya serangga seperti kecoa dan semut. Untuk membersihkan peralatan masak, pertama-tama bilas dengan air bersih. Setelah itu, bersihkan dengan sabun dan air. Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian kecil seperti pegangan dan sambungan dengan sikat kecil.

Dengan membersihkan dapur secara teratur, kamu dapat mencegah munculnya bau tidak sedap dan serangga seperti kecoa dan semut. Selain itu, dapur yang bersih dan rapi juga dapat membuat kamu lebih semangat untuk memasak dan menciptakan makanan yang sehat dan enak.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *