Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Mengatasi Masalah Kekurangan Ruangan di Rumah

2 min read

Memiliki rumah yang sempit dan kekurangan ruangan bisa menjadi masalah yang cukup merepotkan. Terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar dengan harga tanah yang semakin mahal. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kekurangan ruangan di rumah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Manfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Ruang di bawah tangga seringkali terabaikan dan tidak dimanfaatkan. Padahal, ruangan tersebut bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan atau bahkan sebagai ruang kerja kecil. Anda bisa memasang rak atau lemari kecil di bawah tangga untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai. Jika ruang di bawah tangga cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang kerja kecil atau bahkan sebagai ruang baca.

2. Pilih Furniture yang Multifungsi

Pilihlah furniture yang multifungsi untuk menghemat ruang di rumah. Contohnya adalah sofa bed yang bisa digunakan sebagai tempat tidur di malam hari. Atau meja belajar yang juga bisa digunakan sebagai meja makan. Dengan memilih furniture yang multifungsi, Anda bisa menghemat ruang di rumah dan mengoptimalkan fungsi dari setiap furniture yang ada.

3. Buat Rak Dinding

Jika ruang penyimpanan di rumah terbatas, Anda bisa membuat rak dinding untuk menyimpan barang-barang. Rak dinding bisa dipasang di mana saja, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur. Anda bisa memilih rak dinding yang cocok dengan gaya interior rumah Anda. Selain itu, rak dinding juga bisa menjadi dekorasi yang menarik di rumah Anda.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Masalah Kekurangan Ruang di Rumahmu

4. Pilih Warna yang Terang

Warna yang terang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan cerah. Pilihlah warna cat dinding, perabotan, dan aksesori yang terang untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Hindari menggunakan warna gelap seperti hitam atau coklat tua karena bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit dan sumpek.

5. Buat Ruangan Terbuka

Buatlah ruangan terbuka untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Anda bisa menggabungkan ruang tamu, ruang makan, dan dapur dalam satu ruangan terbuka yang memiliki aksesori yang sama. Dengan begitu, Anda bisa menghemat ruang di rumah dan memberikan kesan luas pada ruangan.

6. Gunakan Cermin

Cermin bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Pasanglah cermin di ruangan yang kecil untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terang. Selain itu, cermin juga bisa menjadi dekorasi yang menarik di rumah Anda.

7. Buat Rak Gantung

Rak gantung bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Anda bisa membuat rak gantung sendiri atau membelinya di toko perabotan. Rak gantung bisa dipasang di mana saja, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur. Dengan memanfaatkan rak gantung, Anda bisa menghemat ruang di rumah dan memberikan kesan rapi pada ruangan.

8. Buat Meja Lipat

Meja lipat bisa digunakan ketika dibutuhkan dan dilipat ketika tidak digunakan. Anda bisa membuat meja lipat sendiri atau membelinya di toko perabotan. Meja lipat bisa digunakan sebagai meja belajar atau meja makan sederhana. Dengan memanfaatkan meja lipat, Anda bisa menghemat ruang di rumah dan memberikan fleksibilitas pada ruangan.

9. Buat Loft Bed

Loft bed bisa digunakan untuk menghemat ruang di kamar tidur. Loft bed adalah tempat tidur yang diletakkan di atas dan ruang di bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja atau ruang penyimpanan. Anda bisa membuat loft bed sendiri atau membelinya di toko perabotan. Dengan memanfaatkan loft bed, Anda bisa menghemat ruang di kamar tidur dan memberikan kesan modern pada kamar tidur.

Baca Juga:  Inilah 10 Jenis Pintu yang Cocok untuk Rumahmu

10. Gunakan Furnitur yang Minimalis

Furniture yang minimalis bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan modern. Pilihlah furniture yang sederhana dan tidak terlalu besar untuk menghemat ruang di rumah. Hindari menggunakan furniture yang terlalu banyak ornamen atau detail karena bisa membuat ruangan terlihat sempit dan sumpek.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda bisa mengatasi masalah kekurangan ruangan di rumah. Selain itu, Anda bisa membuat rumah Anda terlihat lebih luas, modern, dan nyaman untuk dihuni.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *