Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Mendekorasi Rumah dengan Anggaran Terbatas

2 min read

Memiliki rumah yang cantik dan nyaman adalah impian setiap orang. Namun, seringkali anggaran yang terbatas menjadi kendala untuk mendekorasi rumah sesuai dengan keinginan kita. Jangan khawatir, ada banyak cara mendekorasi rumah dengan anggaran terbatas yang dapat kita lakukan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips-tips mendekorasi rumah dengan biaya yang terjangkau.

1. Buatlah Rencana Dekorasi

Sebelum membeli barang-barang dekorasi, buatlah rencana terlebih dahulu. Tentukan tema atau konsep dekorasi yang ingin diaplikasikan di rumah. Setelah itu, cari inspirasi dari internet atau majalah dekorasi untuk melihat gambaran visual dari konsep yang ingin diaplikasikan. Dengan membuat rencana, Anda akan lebih mudah dalam memilih barang-barang dekorasi yang sesuai dan tidak membeli barang yang tidak perlu.

2. Manfaatkan Barang-Barang yang Sudah Ada

Sebelum membeli barang-barang baru, manfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah. Misalnya, Anda dapat mengganti cover bantal dan sofa dengan warna atau motif yang baru. Anda juga dapat memanfaatkan barang-barang bekas seperti kaleng bekas atau botol bekas untuk dijadikan vas bunga atau tempat penyimpanan barang. Dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah ada, Anda akan menghemat biaya dan memberikan nuansa baru pada rumah.

3. Beli Barang Dekorasi di Tempat yang Tepat

Untuk menghemat biaya, belilah barang dekorasi di tempat yang tepat. Anda dapat membeli barang-barang dekorasi di toko-toko online yang menawarkan harga yang lebih murah dari toko offline. Anda juga dapat mencari barang dekorasi di pasar loak atau toko barang bekas yang seringkali menawarkan barang-barang dekorasi unik dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:  5 Jenis Bahan Bangunan untuk Rumahmu

4. Buatlah Karya Seni Sendiri

Jika Anda memiliki bakat atau hobi dalam seni, buatlah karya seni sendiri untuk dijadikan hiasan dinding. Anda dapat membuat lukisan, poster, atau wall art dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan seperti kertas poster, cat air, atau spidol. Dengan membuat karya seni sendiri, Anda akan memberikan sentuhan personal pada rumah dan menghemat biaya.

5. Pilih Barang Dekorasi yang Multifungsi

Pilihlah barang dekorasi yang memiliki fungsi ganda atau multifungsi. Misalnya, Anda dapat memilih kursi yang dapat dijadikan tempat penyimpanan atau rak buku yang juga dapat digunakan sebagai meja samping. Dengan memilih barang dekorasi yang multifungsi, Anda akan menghemat biaya dan ruang di rumah.

6. Gunakan Tanaman sebagai Hiasan

Tanaman tidak hanya berfungsi untuk menyaring udara di dalam rumah, tetapi juga dapat digunakan sebagai hiasan. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan tema dekorasi yang ingin diaplikasikan di rumah. Anda dapat menempatkan tanaman dalam pot atau diletakkan di rak atau meja. Dengan menggunakan tanaman sebagai hiasan, Anda akan memberikan nuansa alami dan segar pada rumah.

7. Gunakan Lampu untuk Menciptakan Atmosfer yang Berbeda

Lampu dapat digunakan untuk menciptakan atmosfer yang berbeda di dalam rumah. Anda dapat menggunakan lampu tidur yang memiliki warna-warna yang berbeda atau lampu hias yang dapat dipasang di dinding atau langit-langit. Dengan menggunakan lampu sebagai dekorasi, Anda akan memberikan sentuhan yang unik dan berbeda pada rumah.

8. Berikan Sentuhan Warna pada Dinding

Anda dapat memberikan sentuhan warna pada dinding dengan menggunakan wallpaper atau lukisan. Pilihlah warna dan motif yang sesuai dengan tema dekorasi yang ingin diaplikasikan di rumah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan stiker dinding atau kanvas dengan gambar yang sesuai dengan tema dekorasi. Dengan memberikan sentuhan warna pada dinding, Anda akan memberikan nuansa yang berbeda dan menarik pada rumah.

Baca Juga:  5 Cara Mempercantik Fasad Rumahmu

9. Buatlah Rak Buku Sendiri

Jika Anda memiliki peralatan tukang, Anda dapat membuat rak buku sendiri. Anda dapat menggunakan kayu bekas atau papan kayu untuk membuat rak buku yang unik dan sesuai dengan tema dekorasi yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat mengecat rak buku dengan warna yang sesuai dengan tema dekorasi. Dengan membuat rak buku sendiri, Anda akan menghemat biaya dan memberikan sentuhan personal pada rumah.

10. Buatlah Hiasan Dinding dari Barang Bekas

Anda dapat membuat hiasan dinding dari barang bekas seperti kayu bekas, kain bekas, atau kaleng bekas. Misalnya, Anda dapat membuat hiasan dinding dengan membuat susunan kayu bekas yang diwarnai dengan cat atau membuat bunga dari kain bekas yang dijahit. Dengan membuat hiasan dinding dari barang bekas, Anda akan menghemat biaya dan memberikan nuansa yang unik pada rumah.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mendekorasi rumah dengan anggaran terbatas. Selamat mencoba!

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *