Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Menata Rumah yang Sempit agar Terlihat Luas

4 min read

Jika Anda tinggal di kota besar, kemungkinan besar Anda berada dalam situasi di mana Anda harus tinggal di sebuah apartemen kecil atau rumah yang sempit. Namun, dengan sedikit kreativitas dan beberapa trik desain interior, Anda dapat membuat rumah kecil Anda terlihat lebih luas. Berikut adalah beberapa tips untuk menata rumah yang sempit agar terlihat luas.

Pilih Warna yang Terang dan Bersih

Pilihan warna yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Jika Anda memilih warna yang terang dan bersih, ini bisa membantu memantulkan cahaya dan memberikan kesan ruang yang lebih luas. Anda dapat memilih warna putih atau warna-warna netral lainnya yang terang seperti abu-abu atau krem. Anda juga dapat mencoba mencocokkan warna dinding dengan furnitur Anda untuk memberikan kesan yang lebih teratur dan bersih.

Manfaatkan Cahaya Alami

Cahaya alami dapat membantu memberikan kesan ruang yang lebih luas dan terang. Pastikan Anda memanfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin dengan memilih tirai atau gorden yang transparan atau merekam cahaya. Jangan menumpuk furnitur di depan jendela karena ini akan menghalangi cahaya masuk dan memberikan kesan ruangan yang lebih sempit. Jika cahaya alami tidak cukup, Anda dapat menambahkan sumber cahaya buatan seperti lampu untuk memberikan kesan lebih terang dan luas.

Pilih Furnitur yang Ringkas dan Fungsional

Furnitur yang ringkas dan fungsional sangat penting dalam menata rumah yang sempit agar terlihat luas. Pilih furnitur yang tidak terlalu besar dan dapat digunakan untuk beberapa fungsi. Misalnya, sofa dengan penyimpanan di dalamnya atau meja makan yang dapat dilipat ketika tidak digunakan. Hindari furnitur yang terlalu besar dan menghalangi jalan atau ruang gerak.

Gunakan Cermin untuk Memberikan Ilusi Ruang yang Lebih Besar

Salah satu trik yang paling efektif untuk memberikan ilusi ruang yang lebih besar adalah dengan menggunakan cermin. Cermin dapat membantu memantulkan cahaya dan memberikan kesan ruang yang lebih luas. Anda dapat memilih cermin besar dan menempatkannya di dinding yang tepat untuk memberikan kesan ruang yang lebih terbuka. Anda juga dapat mencoba menempatkan cermin di sebelah jendela untuk memantulkan cahaya alami dan memberikan kesan ruang yang lebih terang.

Baca Juga:  Cara Memilih Karpet yang Cocok untuk Rumahmu

Buat Tampilan yang Rapi dan Teratur

Tampilan yang rapi dan teratur dapat membantu memberikan kesan ruang yang lebih luas dan teratur. Hindari menumpuk furnitur dan barang-barang yang tidak teratur dan sulit diakses. Cobalah untuk membuat tampilan yang minimalis dan fungsional dengan hanya memilih furnitur dan aksesoris yang benar-benar dibutuhkan. Anda juga dapat mencoba untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau dan menyimpan barang-barang yang jarang digunakan di tempat yang tidak terlihat.

Buat Ruangan yang Terbuka dan Terkoneksi

Salah satu cara terbaik untuk memberikan ilusi ruang yang lebih besar adalah dengan membuat ruangan yang terbuka dan terkoneksi. Cobalah untuk tidak memisahkan ruangan dengan dinding atau partisi yang terlalu besar. Anda dapat mencoba untuk membuat area yang terbuka dan terkoneksi dengan memilih furnitur yang tepat dan menempatkannya dengan cara yang strategis. Misalnya, Anda dapat menempatkan sofa di tengah ruangan untuk memisahkan ruangan tanpa menghalangi pandangan. Anda juga dapat mencoba untuk menambahkan tanaman atau vas bunga yang dapat membantu memberikan kesan lebih terbuka dan terhubung.

Gunakan Tekstur yang Berbeda untuk Memberikan Dimensi yang Berbeda

Gunakan tekstur yang berbeda untuk memberikan dimensi yang berbeda pada ruangan Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan bantal dengan tekstur berbeda pada sofa atau karpet yang berbeda pada lantai. Hal ini dapat membantu memberikan kesan yang lebih menarik dan memberikan dimensi pada ruang yang sempit. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak tekstur yang berbeda karena hal ini dapat membuat ruangan terlihat kacau dan berantakan.

Simpan Barang-barang yang Tidak Diperlukan

Jangan menumpuk barang-barang yang tidak diperlukan di dalam rumah Anda. Ini hanya akan membuat rumah terlihat lebih sempit dan berantakan. Cobalah untuk menyimpan barang-barang yang tidak diperlukan di tempat yang tersembunyi atau bahkan membuangnya jika Anda tidak membutuhkannya. Anda juga dapat mencoba untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan di tempat yang tidak terlihat atau di ruang penyimpanan seperti lemari atau gudang.

Gunakan Furnitur dengan Kaki yang Membuka

Furnitur dengan kaki yang membuka dapat membantu memberikan kesan ruang yang lebih terbuka dan luas. Hal ini karena furnitur dengan kaki yang membuka memberikan ruang kosong di bawahnya yang dapat membantu memberikan kesan ruang yang lebih terbuka. Cobalah untuk memilih furnitur dengan kaki yang membuka seperti meja kopi atau sofa dengan kaki terbuka.

Gunakan Rak Dinding untuk Meletakkan Barang-barang

Gunakan rak dinding untuk meletakkan barang-barang di rumah Anda. Rak dinding dapat membantu memberikan kesan ruang yang lebih terbuka dan teratur. Anda dapat memilih rak dinding dengan desain yang minimalis dan modern untuk memberikan kesan yang lebih terbuka dan bersih. Anda juga dapat mencoba untuk menggantungkan foto atau lukisan pada rak dinding untuk memberikan kesan yang lebih menarik.

Baca Juga:  Inilah Keuntungan Tinggal di Rumah di Kawasan Hijau

Gunakan Furnitur Multifungsi

Furnitur multifungsi adalah pilihan yang baik untuk rumah yang sempit. Furnitur ini dapat digunakan untuk beberapa fungsi dan dapat membantu menghemat ruang. Misalnya, kursi yang dapat dilipat menjadi tempat tidur atau meja makan yang dapat dilipat ketika tidak digunakan. Dengan menggunakan furnitur multifungsi, Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan ruang di rumah Anda.

Ciptakan Illusi dengan Langit-langit Tinggi

Langit-langit tinggi dapat membantu memberikan kesan ruang yang lebih tinggi dan luas. Anda dapat mencoba untuk memperbesar penutup langit-langit atau menambahkan dekorasi seperti lampu gantung untuk memberikan kesan yang lebih tinggi. Namun, pastikan Anda tidak meninggalkan langit-langit terlalu kosong karena hal ini dapat membuat ruangan terlihat dingin dan tidak nyaman.

Gunakan Gaya Desain yang Minimalis

Gaya desain minimalis dapat membantu memberikan kesan yang lebih terbuka dan bersih pada rumah yang sempit. Cobalah untuk memilih furnitur dengan desain yang minimalis dan menempatkannya dengan cara yang tepat untuk memberikan kesan yang lebih teratur dan bersih. Hindari dekorasi yang berlebihan dan cobalah untuk membuat tampilan yang minimalis namun fungsional.

Ciptakan Tampilan yang Asimetris

Ciptakan tampilan yang asimetris dengan menempatkan furnitur dan aksesoris dengan cara yang tidak simetris. Hal ini dapat membantu memberikan kesan yang lebih menarik dan memberikan dimensi pada ruang yang sempit. Cobalah untuk menempatkan furnitur dengan sudut yang berbeda atau menempatkan dekorasi dengan cara yang tidak simetris untuk memberikan kesan yang lebih menarik dan unik.

Buat Fokus pada Satu Dinding

Cobalah untuk membuat fokus pada satu dinding dengan menempatkan furnitur atau dekorasi yang menonjol pada satu dinding. Hal ini dapat membantu memberikan kesan yang lebih menarik dan memberikan dimensi pada ruang yang sempit. Anda juga dapat menambahkan dekorasi seperti lukisan atau foto pada dinding yang difokuskan untuk memberikan kesan yang lebih menarik.

Gunakan Furnitur dengan Warna yang Cerah

Anda dapat menggunakan furnitur dengan warna yang cerah untuk memberikan kesan yang lebih cerah dan terang pada rumah yang sempit. Cobalah untuk memilih furnitur dengan warna yang cerah seperti kuning atau merah untuk memberikan kesan yang lebih hidup dan ceria. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak warna yang cerah karena hal ini dapat membuat ruangan terlihat berantakan dan kacau.

Cobalah untuk Membuat Ruangan yang Berbeda

Cobalah untuk membuat ruangan yang berbeda dengan menempatkan furnitur atau dekorasi dengan cara yang berbeda. Hal ini dapat membantu memberikan kesan yang lebih menarik dan memberikan dimensi pada ruang yang sempit. Misalnya, Anda dapat menambahkan karpet yang berbeda atau menempatkan furnitur dengan cara yang tidak biasa untuk memberikan kes

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *