Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Menata Ruang Kerja di Rumah agar Lebih Produktif

1 min read

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, banyak perusahaan memutuskan untuk menerapkan kebijakan work from home. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus dan menjaga kesehatan pekerja.

Namun, bekerja di rumah juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah menata ruang kerja agar tetap produktif. Bagaimana caranya?

Pilih Ruangan yang Tepat

Pertama-tama, pilihlah ruangan yang tepat sebagai tempat bekerja. Hindari tempat yang terlalu berisik atau terlalu ramai karena dapat mengganggu konsentrasi. Pilih ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan cahaya yang cukup agar tidak mudah lelah saat bekerja.

Pilih Meja dan Kursi yang Nyaman

Meja dan kursi yang nyaman sangat penting untuk mendukung produktivitas kerja. Pilih meja yang cukup besar untuk menampung peralatan kerja dan kursi yang ergonomis agar tidak mudah lelah saat bekerja dalam waktu yang lama. Pastikan juga posisi meja dan kursi sesuai dengan postur tubuh anda.

Pilih Peralatan Kerja yang Tepat

Peralatan kerja yang tepat juga sangat penting untuk mendukung produktivitas kerja. Pilihlah peralatan yang sesuai dengan jenis pekerjaan anda, seperti laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi yang cukup, printer, dan alat tulis. Pastikan juga peralatan tersebut dalam kondisi yang baik dan teratur.

Tata Ruang dengan Rapi

Tata ruang dengan rapi agar tidak mengganggu konsentrasi anda saat bekerja. Gunakan rak atau lemari untuk menyimpan peralatan dan dokumen agar tidak berantakan di meja kerja. Pastikan juga ruangan teratur dan bersih agar nyaman untuk bekerja.

Baca Juga:  Inilah 10 Jenis Lantai yang Cocok untuk Rumahmu

Tentukan Jadwal Kerja

Tentukan jadwal kerja yang jelas agar tidak terlalu lama bekerja dan mengganggu keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Pisahkan waktu untuk bekerja dan waktu untuk istirahat agar tidak terlalu lelah dan tetap produktif.

Tetap Berkomunikasi dengan Rekan Kerja

Tetap berkomunikasi dengan rekan kerja meskipun bekerja dari rumah. Gunakan aplikasi chat atau video call untuk berkomunikasi mengenai tugas dan proyek yang sedang dikerjakan. Hal ini dapat membantu menghindari kebingungan dan misinterpretasi dalam menyelesaikan tugas.

Dengan menata ruang kerja dengan baik, anda dapat tetap produktif dan fokus dalam bekerja dari rumah. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *