Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Menata Ruang Keluarga Minimalis agar Terlihat Luas dan Nyaman

1 min read

Jika Anda memiliki rumah dengan ukuran yang tidak begitu besar, Anda pasti akan kesulitan untuk menata ruang keluarga agar terlihat luas dan nyaman. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut adalah beberapa cara menata ruang keluarga minimalis agar terlihat luas dan nyaman:

Pilih Warna Cat yang Tepat

Warna cat bisa mempengaruhi kesan luas atau sempit pada ruangan. Oleh karena itu, pilihlah warna cat yang cerah dan terang seperti putih atau krem. Warna-warna cerah dapat menyebarkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan sehingga akan terlihat lebih luas.

Pilih Furnitur yang Sesuai

Furnitur yang besar dan berat akan membuat ruangan keluarga terlihat sempit. Pilihlah furnitur yang ringan dan sederhana, seperti sofa dengan kaki yang ramping atau kursi dengan sandaran yang rendah. Selain itu, hindari menggunakan furnitur yang terlalu banyak karena akan membuat ruangan terlihat penuh dan sesak.

Pilih Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan yang tepat dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Gunakan cahaya yang terang dan menyeluruh agar seluruh sudut ruangan terlihat terang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lampu dinding yang memantulkan cahaya ke atas untuk memberikan kesan ruangan yang lebih tinggi.

Buat Rak Dinding

Rak dinding dapat membantu menghemat ruang di ruangan keluarga. Buatlah rak dinding yang minimalis dan fungsional untuk menyimpan buku, barang dekorasi, atau koleksi lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menggunakan meja atau lemari yang besar dan memakan banyak ruang.

Baca Juga:  Tips Menata Ruang Keluarga Agar Terlihat Luas dan Nyaman

Pilih Hiasan Dinding yang Tepat

Hiasan dinding juga bisa mempengaruhi kesan luas atau sempit pada ruangan. Pilihlah hiasan dinding yang simpel dan minimalis, seperti lukisan atau foto dengan bingkai yang tipis. Hindari menggunakan hiasan dinding yang besar dan berat karena akan membuat ruangan terlihat sempit.

Jangan Gunakan Karpet yang Terlalu Besar

Karpet yang terlalu besar akan membuat ruangan keluarga terlihat sempit dan penuh. Pilihlah karpet yang ukurannya pas dengan ruangan atau gunakanlah karpet yang berbentuk persegi panjang dan diletakkan di tengah ruangan. Dengan begitu, ruangan keluarga akan terlihat lebih luas dan lega.

Buat Tata Letak yang Efektif

Tata letak yang efektif dapat membuat ruangan keluarga terlihat lebih luas dan nyaman. Buatlah tata letak yang simpel dan fungsional, seperti meletakkan sofa di dekat jendela atau meletakkan TV di dinding yang tidak terlalu besar. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan ruang yang tersedia dan membuat ruangan keluarga terlihat lebih lega.

Buat Ilusi Optik dengan Cermin

Cermin dapat membantu menciptakan ilusi optik pada ruangan keluarga. Pasanglah cermin di dinding yang tepat untuk menciptakan efek visual yang memperluas ruangan. Selain itu, cermin juga dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih terang.

Jangan Gunakan Jendela yang Terlalu Kecil

Jendela yang terlalu kecil dapat membuat ruangan keluarga terlihat sempit dan suram. Pilihlah jendela yang besar dan lebar untuk memberikan akses cahaya yang maksimal ke dalam ruangan. Dengan begitu, ruangan keluarga akan terlihat lebih terang dan luas.

Simpulkan

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda bisa menata ruang keluarga minimalis agar terlihat luas dan nyaman. Pilihlah warna cat yang tepat, furnitur yang sesuai, pencahayaan yang tepat, hiasan dinding yang minimalis, karpet yang pas, tata letak yang efektif, serta menggunakan cermin dan jendela yang tepat. Dengan begitu, ruangan keluarga minimalis Anda akan terlihat lebih luas, nyaman, dan menyenangkan.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *