Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Memperbaiki Kerusakan di Rumah Sendiri

2 min read

Kerusakan pada rumah memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Kadang-kadang, kita membutuhkan bantuan dari tukang untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Namun, tidak semua kerusakan memerlukan bantuan dari tukang. Beberapa kerusakan pada rumah bisa kita perbaiki sendiri dengan mudah dan cepat. Di artikel ini, kami akan berbagi cara-cara memperbaiki kerusakan di rumah sendiri.

1. Memperbaiki Kerusakan pada Kran Air

Kerusakan pada kran air seperti bocor atau sulit untuk diputar bisa membuat kita kesulitan saat menggunakan air. Untuk memperbaikinya, pertama-tama matikan aliran air dan lepaskan kran dari pipa. Kemudian, periksa apakah ada kerak atau kotoran yang menyumbat aliran air. Bersihkan dengan sikat atau lap yang halus. Jika masalahnya adalah kran yang sulit diputar, mungkin perlu diolesi sedikit pelumas agar lebih mudah diputar.

2. Memperbaiki Kerusakan pada Pintu

Jika pintu rumah kita sulit untuk dibuka atau tertutup, mungkin masalahnya ada pada engsel atau kunci pintu. Untuk memperbaikinya, periksa apakah engsel pintu sudah longgar atau aus. Jika iya, pasang ulang atau ganti dengan yang baru. Jika masalahnya adalah kunci pintu yang sulit diputar, mungkin perlu diolesi sedikit pelumas agar lebih mudah diputar.

3. Memperbaiki Kerusakan pada Lampu

Jika lampu di rumah kita tidak menyala, mungkin masalahnya ada pada bola lampu atau saklar listrik. Pertama-tama, matikan aliran listrik dan lepaskan bola lampu dari soket. Periksa apakah bola lampu sudah putus atau tidak. Jika sudah, ganti dengan yang baru. Jika masalahnya ada pada saklar listrik, periksa apakah ada kabel yang lepas atau konslet. Pastikan kabel sudah terpasang dengan baik.

Baca Juga:  Inspirasi Desain Kamar Anak yang Imajinatif dan Kreatif

4. Memperbaiki Kerusakan pada Jendela

Jika jendela rumah kita sulit untuk dibuka atau tertutup, mungkin masalahnya ada pada engsel atau kusen jendela. Untuk memperbaikinya, periksa apakah engsel pintu sudah longgar atau aus. Jika iya, pasang ulang atau ganti dengan yang baru. Jika masalahnya adalah kusen jendela yang aus atau lapuk, mungkin perlu diganti dengan yang baru.

5. Memperbaiki Kerusakan pada Toilet

Kerusakan pada toilet seperti bocor atau tidak bisa di-flush bisa sangat mengganggu. Untuk memperbaikinya, pertama-tama matikan aliran air dan lepaskan tutup tangki toilet. Periksa apakah ada bagian yang sudah rusak atau aus. Ganti dengan yang baru jika perlu. Jika masalahnya adalah bocor pada pipa atau sambungan, periksa apakah sudah tertutup dengan rapat atau tidak. Jika tidak, pasang kembali atau ganti dengan yang baru.

6. Memperbaiki Kerusakan pada Dinding

Jika dinding rumah kita retak atau pecah, mungkin masalahnya ada pada struktur dinding atau pengeringan yang kurang baik. Untuk memperbaikinya, pertama-tama periksa apakah struktur dinding masih kuat atau sudah lemah. Jika masih kuat, tambal retak atau pecahan dengan semen atau plesteran. Jika masalahnya adalah pengeringan yang kurang baik, pastikan ventilasi di dalam rumah sudah cukup baik.

7. Memperbaiki Kerusakan pada Atap

Jika atap rumah kita bocor atau rusak, mungkin masalahnya ada pada genteng atau rangka atap. Untuk memperbaikinya, pertama-tama periksa apakah genteng masih utuh atau sudah pecah. Ganti genteng yang pecah dengan yang baru. Jika masalahnya ada pada rangka atap yang sudah aus, perkuat dengan penyangga atau ganti dengan yang baru.

8. Memperbaiki Kerusakan pada Lantai

Jika lantai rumah kita retak atau bergelombang, mungkin masalahnya ada pada struktur lantai atau pengeringan yang kurang baik. Untuk memperbaikinya, pertama-tama periksa apakah struktur lantai masih kuat atau sudah lemah. Jika masih kuat, tambal retak atau bergelombang dengan semen atau plesteran. Jika masalahnya adalah pengeringan yang kurang baik, pastikan ventilasi di dalam rumah sudah cukup baik.

Baca Juga:  Panduan untuk Membeli Properti sebagai Investasi

9. Memperbaiki Kerusakan pada Saluran Air

Jika saluran air di rumah kita tersumbat atau bocor, mungkin masalahnya ada pada pipa atau sambungan. Untuk memperbaikinya, pertama-tama matikan aliran air dan buka tutup saluran air. Periksa apakah ada kotoran atau sampah yang menyumbat aliran air. Bersihkan dengan sikat atau lap yang halus. Jika masalahnya adalah bocor pada pipa atau sambungan, periksa apakah sudah tertutup dengan rapat atau tidak. Jika tidak, pasang kembali atau ganti dengan yang baru.

10. Memperbaiki Kerusakan pada AC

Jika AC di rumah kita tidak dingin atau bocor, mungkin masalahnya ada pada filter udara atau pipa AC. Untuk memperbaikinya, pertama-tama matikan aliran listrik dan lepaskan filter udara dari AC. Periksa apakah filter sudah kotor atau tidak. Bersihkan dengan air atau lap yang halus. Jika masalahnya adalah bocor pada pipa AC, periksa apakah sudah tertutup dengan rapat atau tidak. Jika tidak, pasang kembali atau ganti dengan yang baru.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki kerusakan di rumah sendiri. Dengan melakukan perbaikan sendiri, kita bisa menghemat biaya dan juga meningkatkan keterampilan kita dalam memperbaiki rumah. Namun, jika kerusakan terlalu besar atau rumit, lebih baik memanggil tukang untuk memperbaikinya. Selalu ingat untuk berhati-hati dan mengikuti petunjuk dengan benar saat melakukan perbaikan di rumah.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *