Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Memperbaiki Jendela Rumah yang Rusak

2 min read

Jendela adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah rumah. Selain berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara, jendela juga berfungsi sebagai pengaman dari luar. Namun, seringkali jendela mengalami kerusakan yang membuatnya tidak bisa berfungsi dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki jendela yang rusak.

1. Memperbaiki Engsel Jendela

Engsel jendela adalah salah satu bagian yang sering mengalami kerusakan. Jika engsel jendela sudah rusak, maka jendela tidak akan bisa dibuka atau ditutup dengan baik. Untuk memperbaiki engsel jendela yang rusak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama, coba cek apakah engsel jendela sudah longgar atau tidak. Jika engsel jendela longgar, maka bisa dipasang kembali dengan menggunakan sekrup atau paku. Namun, jika engsel jendela sudah aus atau patah, maka harus diganti dengan engsel yang baru.

2. Mengganti Kaca Jendela yang Pecah

Kaca jendela adalah bagian yang sangat rentan terhadap kerusakan. Jika kaca jendela pecah, maka harus segera diganti agar tidak membahayakan penghuni rumah. Untuk mengganti kaca jendela yang pecah, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Pertama, bersihkan sisa-sisa kaca yang pecah dengan hati-hati. Kemudian, ukur ukuran kaca yang akan diganti. Setelah itu, pasang kaca baru dengan menggunakan karet atau perekat khusus. Pastikan kaca sudah terpasang dengan rapat dan tidak mudah goyah.

3. Memperbaiki Kusen Jendela yang Lapuk

Kusen jendela adalah bagian yang juga sering mengalami kerusakan, terutama jika sudah terpapar sinar matahari atau terkena hujan terus menerus. Jika kusen jendela sudah lapuk, maka harus segera diperbaiki agar tidak merusak tampilan rumah.

Baca Juga:  Keuntungan Memiliki Rumah di Pinggiran Kota

Untuk memperbaiki kusen jendela yang lapuk, bisa dilakukan dengan cara mengganti bagian yang sudah lapuk dengan kayu baru. Kemudian, pasang kayu baru dengan menggunakan paku atau sekrup. Setelah itu, cat kusen jendela dengan cat kayu agar terlihat rapi dan tidak mudah lapuk lagi.

4. Membersihkan Jalur Geser Jendela

Jalur geser jendela adalah bagian yang berfungsi sebagai pengatur posisi jendela. Jika jalur geser jendela kotor atau berdebu, maka jendela tidak akan bisa digeser dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan jalur geser jendela secara rutin.

Bersihkan jalur geser jendela dengan menggunakan sikat atau kain yang lembut. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel di jalur geser jendela. Setelah itu, oleskan pelumas khusus pada jalur geser jendela agar jendela bisa digeser dengan lebih mudah.

5. Memperbaiki Kunci Jendela yang Rusak

Kunci jendela adalah bagian yang berfungsi sebagai pengaman dari luar. Jika kunci jendela sudah rusak, maka jendela tidak akan bisa terkunci dengan baik. Untuk memperbaiki kunci jendela yang rusak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama, coba cek apakah kunci jendela sudah longgar atau tidak pas. Jika kunci jendela longgar, maka bisa dipasang kembali dengan menggunakan sekrup atau paku. Namun, jika kunci jendela sudah rusak atau patah, maka harus diganti dengan kunci yang baru.

6. Menambahkan Pelindung Jendela

Pelindung jendela adalah bagian yang berfungsi sebagai pengaman tambahan dari luar. Dengan menggunakan pelindung jendela, maka jendela akan lebih tahan terhadap benturan atau usaha pencurian. Untuk menambahkan pelindung jendela, bisa menggunakan besi atau baja ringan.

Pemasangan pelindung jendela harus dilakukan dengan rapi dan kuat. Pastikan pelindung jendela terpasang dengan rapat dan tidak mudah lepas. Selain itu, pilihlah pelindung jendela yang sesuai dengan tampilan rumah agar terlihat harmonis.

Baca Juga:  Cara Memilih Rumah yang Tepat untuk Keluarga

7. Merawat Jendela Secara Berkala

Agar jendela tidak mudah rusak, maka perlu dilakukan perawatan secara berkala. Perawatan jendela meliputi pembersihan, pelumasan, dan perbaikan kerusakan kecil. Dengan merawat jendela secara berkala, maka jendela akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Untuk pembersihan, bisa menggunakan kain lembut atau sikat untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada jendela. Setelah itu, oleskan pelumas khusus pada bagian-bagian yang bergerak agar jendela bisa berfungsi dengan baik.

Demikianlah beberapa cara untuk memperbaiki jendela rumah yang rusak. Penting untuk selalu memeriksa kondisi jendela secara berkala agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius. Dengan memperbaiki jendela yang rusak, maka rumah akan terlihat lebih rapi dan nyaman untuk ditinggali.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *