Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Cara Memasang Wallpaper yang Cocok untuk Rumahmu

1 min read

Wallpaper adalah salah satu cara yang mudah dan cepat untuk mengubah tampilan interior rumah. Dengan wallpaper, kamu bisa memperindah tampilan dinding dan membuatnya lebih menarik. Namun, memilih dan memasang wallpaper yang cocok tidak semudah yang kita pikirkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya bisa memuaskan. Berikut adalah beberapa tips cara memasang wallpaper yang cocok untuk rumahmu.

Pilihlah Wallpaper yang Sesuai dengan Tema Interior Rumah

Saat memilih wallpaper, pastikan kamu memilih yang sesuai dengan tema interior rumahmu. Jangan sampai wallpaper yang kamu beli justru tidak cocok dengan tema interior rumahmu. Misalnya, jika rumahmu memiliki tema minimalis, pilihlah wallpaper dengan warna yang netral dan motif yang simpel. Jika rumahmu memiliki tema vintage, pilihlah wallpaper dengan motif bunga atau corak yang klasik.

Pilihlah Wallpaper yang Sesuai dengan Bentuk dan Ukuran Dinding

Pastikan kamu memilih wallpaper yang sesuai dengan bentuk dan ukuran dinding. Jangan sampai kamu membeli wallpaper dengan ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar untuk dinding rumahmu. Ukur dinding rumahmu terlebih dahulu sebelum membeli wallpaper. Jika dinding rumahmu memiliki bentuk yang tidak simetris, kamu bisa membeli wallpaper yang memiliki motif yang bisa disesuaikan dengan bentuk dinding tersebut.

Bersihkan Dinding Sebelum Memasang Wallpaper

Sebelum memasang wallpaper, pastikan kamu membersihkan dinding terlebih dahulu. Dinding yang kotor atau berdebu bisa membuat wallpaper tidak menempel dengan baik. Bersihkan dinding dengan kain yang lembut dan cairan pembersih yang tidak terlalu kuat. Pastikan dinding benar-benar kering sebelum memasang wallpaper.

Baca Juga:  5 Jenis Tanaman Hias untuk Menyegarkan Udara di Rumahmu

Gunakan Lem Wallpaper yang Baik

Pilihlah lem wallpaper yang berkualitas dan sesuai dengan jenis wallpaper yang kamu beli. Jangan sampai kamu menggunakan lem yang salah karena bisa membuat wallpaper tidak menempel dengan baik. Baca petunjuk penggunaan lem dengan teliti dan ikuti dengan benar.

Pasang Wallpaper dengan Benar

Pasang wallpaper dengan benar agar hasilnya bisa memuaskan. Pastikan kamu memasang wallpaper dengan rapi dan tidak ada gelembung udara di dalamnya. Mulai pasang wallpaper dari sudut dinding yang terlihat paling jelas. Gunakan penggaris dan pisau cutter untuk memotong wallpaper yang terlalu panjang atau lebar. Jangan lupa untuk menekan wallpaper dengan lembut agar menempel dengan baik.

Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Perhatikan pencahayaan ruangan saat memilih wallpaper. Jika ruanganmu memiliki pencahayaan yang minim, pilihlah wallpaper dengan warna yang cerah untuk membuat ruangan terlihat lebih terang. Jika ruanganmu memiliki pencahayaan yang cukup, kamu bisa memilih wallpaper dengan warna yang lebih gelap atau motif yang lebih mencolok.

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Wallpaper

Jangan terlalu banyak menggunakan wallpaper karena bisa membuat ruangan terlihat sempit dan sumpek. Gunakan wallpaper hanya pada satu atau dua dinding saja agar ruangan terlihat lebih luas dan nyaman. Kamu juga bisa memadukan wallpaper dengan cat tembok untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik.

Perhatikan Kualitas dan Harga Wallpaper

Perhatikan kualitas dan harga wallpaper sebelum membeli. Pilihlah wallpaper yang berkualitas agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Jangan sampai kamu memilih wallpaper yang murah tapi kualitasnya buruk karena akan membuat dinding rumahmu terlihat tidak rapi dan tidak menarik.

Simpan Sisa Wallpaper dengan Baik

Jangan buang sisa wallpaper begitu saja setelah memasang. Simpan sisa wallpaper dengan baik karena bisa digunakan untuk mengganti jika wallpaper yang dipasang rusak atau sobek. Simpan sisa wallpaper dalam kemasan yang rapat dan simpan di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Baca Juga:  7 Ide Dekorasi Ruang Keluarga dengan Konsep Retro

Demikianlah beberapa tips cara memasang wallpaper yang cocok untuk rumahmu. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, hasilnya akan lebih memuaskan dan membuat rumahmu terlihat lebih menarik. Selamat mencoba!

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *