Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Apa Itu SHM dan SHGB? Bagaimana Cara Mengurusnya?

1 min read

Pengertian SHM dan SHGB

SHM atau Surat Hak Milik adalah bukti kepemilikan atas tanah dan bangunan yang paling kuat di Indonesia. Surat ini menunjukkan bahwa pemiliknya memiliki hak penuh atas tanah dan bangunan yang dimilikinya. Sementara itu, SHGB atau Surat Hak Guna Bangunan adalah bukti kepemilikan atas bangunan yang didirikan di atas tanah milik orang lain atau negara.

Perbedaan SHM dan SHGB

Perbedaan utama antara SHM dan SHGB adalah pada hak kepemilikan tanah. Jika pemilik tanah memiliki SHM, maka ia memiliki hak penuh atas tanah dan bangunan yang dimilikinya. Namun, jika pemilik tanah memiliki SHGB, maka ia hanya memiliki hak atas bangunan yang didirikan di atas tanah tersebut, sementara hak atas tanah tetap dimiliki oleh pemilik tanah asli.

Manfaat SHM dan SHGB

Manfaat utama dari memiliki SHM atau SHGB adalah sebagai bukti kepemilikan yang sah. Dengan memiliki surat ini, pemilik tanah atau bangunan dapat membuktikan bahwa ia memiliki hak atas tanah atau bangunan tersebut. Selain itu, surat ini juga dapat digunakan sebagai jaminan untuk mengajukan kredit ke bank atau institusi keuangan lainnya.

Cara Mengurus SHM

Untuk mengurus SHM, pemilik tanah atau bangunan harus mengajukan permohonan ke Kantor Pertanahan setempat. Permohonan ini harus disertai dengan dokumen-dokumen seperti sertifikat tanah asli, bukti pembayaran pajak, dan dokumen lain yang diperlukan. Setelah proses verifikasi dan validasi selesai, maka pemilik akan diberikan SHM sebagai bukti kepemilikan.

Cara Mengurus SHGB

Untuk mengurus SHGB, pemilik bangunan harus mengajukan permohonan ke Badan Pertanahan Nasional setempat. Permohonan ini harus disertai dengan dokumen-dokumen seperti surat perjanjian penggunaan tanah, bukti pembayaran pajak, dan dokumen lain yang diperlukan. Setelah proses verifikasi dan validasi selesai, maka pemilik akan diberikan SHGB sebagai bukti kepemilikan.

Baca Juga:  Inilah 10 Jenis Pintu yang Cocok untuk Rumahmu

Biaya Mengurus SHM dan SHGB

Biaya untuk mengurus SHM dan SHGB bervariasi tergantung pada lokasi dan luas tanah atau bangunan yang dimiliki. Namun, sebagai gambaran umum, biaya ini dapat mencapai puluhan juta rupiah. Oleh karena itu, sebelum mengurus SHM atau SHGB, pastikan untuk mempersiapkan biaya yang cukup.

Kesimpulan

SHM dan SHGB adalah surat kepemilikan yang penting bagi pemilik tanah dan bangunan di Indonesia. Dengan memiliki surat ini, pemilik dapat membuktikan bahwa ia memiliki hak atas tanah atau bangunan tersebut. Namun, untuk mengurus SHM atau SHGB, pemilik harus mempersiapkan dokumen dan biaya yang cukup.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *