Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

10 Cara Menata Dapur dengan Baik dan Benar

1 min read

Dapur merupakan salah satu ruangan yang penting dalam sebuah rumah. Hal ini karena dapur merupakan tempat untuk memasak dan menyiapkan makanan untuk keluarga. Agar dapur terlihat rapi dan nyaman digunakan, maka perlu melakukan cara menata dapur dengan baik dan benar. Berikut adalah 10 cara menata dapur dengan baik dan benar:

1. Tentukan Fungsi dari Setiap Bagian Dapur

Sebelum menata dapur, tentukan terlebih dahulu fungsi dari setiap bagian dapur. Misalnya, area memasak, area mencuci, area penyimpanan makanan, dan area penyimpanan peralatan masak. Dengan menentukan fungsi dari setiap bagian dapur, maka akan memudahkan dalam menata dapur dengan baik dan benar.

2. Buat Tampilan Dapur yang Bersih dan Rapi

Untuk membuat dapur terlihat bersih dan rapi, maka perlu melakukan beberapa hal seperti membersihkan dapur secara rutin, menyimpan peralatan masak dan makanan dengan rapi, dan menata barang-barang di dapur dengan baik. Dengan membuat dapur terlihat bersih dan rapi, maka akan memberikan kenyamanan dalam menggunakan dapur.

3. Gunakan Rak dan Kotak Penyimpanan

Untuk menata dapur dengan baik dan benar, maka perlu menggunakan rak dan kotak penyimpanan. Rak dan kotak penyimpanan dapat digunakan untuk menyimpan peralatan masak dan makanan dengan rapi sehingga dapur terlihat lebih tertata dan rapi. Selain itu, penggunaan rak dan kotak penyimpanan juga memudahkan dalam mencari peralatan masak dan makanan yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Menata Dapur Minimalis dengan Efektif: 5 Tips Terbaik

4. Susun Peralatan Masak dengan Benar

Peralatan masak seperti panci, wajan, dan spatula perlu disusun dengan benar agar dapur terlihat rapi. Susun peralatan masak dengan cara menumpuknya secara vertikal agar tidak memakan tempat terlalu banyak. Selain itu, susun peralatan masak juga berdasarkan frekuensi penggunaannya. Peralatan masak yang sering digunakan dapat diletakkan di tempat yang mudah dijangkau.

5. Gunakan Label pada Kotak Penyimpanan

Untuk memudahkan dalam mencari makanan atau bahan masakan, maka perlu menggunakan label pada kotak penyimpanan. Label pada kotak penyimpanan sangat berguna untuk mengidentifikasi isinya, sehingga tidak perlu membuka satu per satu kotak penyimpanan untuk mencari makanan atau bahan masakan yang dibutuhkan.

6. Gunakan Penyimpanan Vertikal

Untuk menghemat tempat di dapur, maka perlu menggunakan penyimpanan vertikal. Penyimpanan vertikal dapat digunakan untuk menyimpan peralatan masak seperti pisau, sendok, dan garpu. Selain itu, penyimpanan vertikal juga dapat digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur.

7. Gunakan Rak Tambahan

Apabila dapur terlihat penuh dengan peralatan masak dan makanan, maka perlu menggunakan rak tambahan. Rak tambahan dapat digunakan untuk menyimpan peralatan masak dan makanan yang tidak muat di rak atau kotak penyimpanan yang sudah ada.

8. Buat Ruang Penyimpanan Khusus untuk Peralatan Elektronik

Peralatan elektronik seperti oven, microwave, dan blender perlu disimpan di tempat yang khusus. Buatlah ruang penyimpanan khusus untuk peralatan elektronik agar tidak mengganggu tampilan dapur dan juga untuk memudahkan dalam mencari peralatan elektronik yang dibutuhkan.

9. Gunakan Warna Cerah pada Dapur

Warna cerah pada dapur dapat memberikan kesan yang luas dan bersih. Warna cerah seperti putih, biru, atau hijau dapat digunakan pada dinding dapur dan juga pada peralatan masak atau makanan. Selain memberikan kesan yang luas dan bersih, warna cerah juga dapat memberikan kesan yang segar pada dapur.

Baca Juga:  Cara Menata Ruang Keluarga agar Nyaman dan Fungsional

10. Buat Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk dapur. Pencahayaan yang baik akan memudahkan dalam melakukan aktivitas memasak dan juga membuat dapur terlihat lebih cerah. Gunakanlah lampu yang cukup terang dan tempatkan di tempat yang strategis seperti pada area memasak dan area mencuci.

Demikianlah 10 cara menata dapur dengan baik dan benar. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, dapur akan terlihat lebih rapi dan nyaman digunakan. Selain itu, dapur juga akan terlihat lebih bersih dan teratur.

Bang Ide Rumah also known as Bang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *